Selasa, 30 April 2013

Cara Budidaya Tanaman Sawi

Sawi merupakan sayuran yang sangat digemari oleh masyarakat sekitar , karena yang enak rasanya buat dibikin sayur ,ditumis,dll masih banyak lagi dan jg banyak mengandung serat.Dan bagaimana ya caranya membudidaya tanaman Sawi Hijau (Brassica rapa var. parachinensis L).
     Caranya :
 - yang pertama harus mempunyai biji sawi yang sudah tersedia di toko pertanian atau trubus.
  - biji sawi (Benih), kita semai dahulu di tempat semai yang sudah kita sediakan,dengan media pupuk kandang,tanah ,dan pasir .Bisa juga di campur dngan arang sekam.

- Setelah persemaiannya sudah agak besar ,kira-kira daun sudah 4-5 helai,,bisa dipindahkan ditempat yang lebih luas, di kebun atau di sawah,yang sudah dibuat bedengan-bedengan dan juga sudah dicampur pupuk kandang dari sebelum persemaian sudah besar.

-  Sebelum kita tanam ,tanaman sawi dari persemaian kita potong terlebih dahulu ujung daunnya,gunanya untuk mengurangi penguapan.Dan baru kita tanam dengan jarak kira-kira 10cm,agar tidak terlalu runggun/rengket,sehingga tanaman bisa bernafas.Jadi tidak manusia aja yang bernafas tanaman juga dong,hehehe...!!!

- Sudah selesai semua kita tanam dilahan, tinggal kita pelihara ,di beri pupuk ,disemprot,secara rutin paling tidak 1minggu 2kali, dan jangan lupa kita siram pagi dan sore,karena tanaman sawi banyak membutuhkan air ,tp juga jangan terlalu ya, karena bisa menyebabkan batangnya busuk. ya beginilah jadi gampang-gampang susah .
- Tanaman sawi bisa dipanen jika sudah umur 1bulan atau 30 hari.dan bisa dipasarkan deh.
- Selesai,semoga bermanfaat ........

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar